ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN E-CRM PADA TOKO SEPATU MANIES MADIUN

Sri Anardani, Andi Rahman Putera

Sari


Toko Sepatu Manies Madiun  bergerak dibidang penjualan sepatu dan telah memiliki ratusan pelanggan. Pengelolaan proses pemasaran dan penjualan masih dilakukan dengan sangat sederhana dan belum menggunakan teknologi komputer. Proses penyampaian informasi kepada pelanggan dilakukan melalui iklan di radio. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan maka dibutuhkan suatu strategi yang bersifat efektif dan efisien dengan memadukan teknolgi web dan  sistem Customer Relationship Management (CRM). Metodologi pengembangan sistem menggunakan pendekatan SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall. Perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Languange) Tools terdiri atas use case diagram, sequence diagram, dan class diagram. Hasil perancangan ini dapat digunakan untuk rekomendasi di masa datang yaitu pembangunan sistem informasi penjualan E-CRM pada Toko Sepatu Manies Madiun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi,P.G., L.M. Anastasia, E.S.R. Dini, “Perancangan Sistem Informasi Produksi di CV.Bintang Selatan”, Jurnal Widya Teknik, vol.9 no.2, pp. 215-228, 2010

Dadi, R and L.Dewi, “Sistem Informasi Aset Berorientasi Objek”, Jurnal Computech dan Bisnis, vol.1 no.2, pp.119-126, Desember 2007

Dedi, R and A.Moch, “Perancangan Sistem Informasi Perhotelan Berorientasi Objek Dengan Menggunakan Metode United Modelling Language”, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi X Program Studi MMT-ITS Surabaya, 1 Agustus 2009

Evri, E. dan Harris. K., “Perancangan E-CRM (Customer Relationship Management) Pada PT.Sonya FM Medan”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-8 Februari 2015

Erma, D.S., dan M.Lia, “Pembangunan Website Berbasis CRM Guna Pencapaian Tujuan Perusahaan Studi Kasus PT.Global Fortuna” Jurnal Pilar Mandiri, vol.X no.2, pp.197-204, September 2014

Efraim, T and V.Linda, Information Technology for Management, 7th ed.,John Wiley & Sons Inc, 2010

Eka, P.A.S. “Sistem Informasi Pencarian dan Penjualan Barang Berbasis Web Pada Toko Bagus”, Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA), vol.1 no.2, pp.158-166, Mei 2011.

Fatmawati, A., dan Kertahadi. R. “Penerapan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan (Studi Pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Dinoyo”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol.1 no.2, pp.220-230, April 2013K. Ishak, “Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Untuk Meningkatkan Daya Saing Toko Online,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13 no.1, pp. 43-48, Februari 2017.

Ishak, K “Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Untuk Meningkatkan Daya Saing Toko Online,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13 no.1, pp. 43-48, Februari 2017

Muhammad, I S.A. dan Endang, Riyadi, “ Implementasi Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) (Studi Pada UD.Iwek-P Adventure Kota Malang)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol.15 no.2, pp.1-10, Oktober 2014.

Rachmad,H Suprapto, A.Sabarudin, “Pengembangan Aplikasi Customer Relationship Management Rumah Sakit”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol.11 no.1, pp. 22-34, Juni 2012

Supriyanta dan T.Agus, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada CV Simba Jaya Magelang”, Indonesian Journal on Networking and Security (IJNS), vol.6 no.1, pp.9-13, 2017

Tri, S and S.Agus, “Analisis Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Perpustakaan STMIK Pringsewu Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 15-16 juni 2012

Vidila, R “Pemodelan Customer Relationship Management Pada Perusahaan Petrokimia Dengan Menggunakan Zachman Framework” Jurnal Electrans, vol.12 no.2, pp.179-191, September 2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.