EVALUASI PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS APLIKASI SOFTWARE SPSS DENGAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

Slamet Riyanto, Hani Atun Mumtahana

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran statistika berbasis Aplikasi software SPSS dengan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini bersifat penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengikuti model pembelajaran statistik dengan aplikasi SPSS yaitu sebanyak 58 orang. Alat pengumpulan data menggunakan model evaluasi pembelajaran menggunakan model UTAUT dan teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini diketahui bahwa konstruk minat pemanfaatan secara signifikan dipengaruhi oleh konstruk ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial sebesar 0,766 atau 76,6%. Konstruk perilaku penggunaan secara signifikan dipengaruhi minat pemanfaatan dan kondisi pemfasilitasi sebesar 0,604 atau 60,4%.

Kata Kunci


UTAUT; evaluasi pembelajaran; statistik

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.