EVALUASI PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS APLIKASI SOFTWARE SPSS DENGAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)
Sari
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran statistika berbasis Aplikasi software SPSS dengan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini bersifat penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengikuti model pembelajaran statistik dengan aplikasi SPSS yaitu sebanyak 58 orang. Alat pengumpulan data menggunakan model evaluasi pembelajaran menggunakan model UTAUT dan teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini diketahui bahwa konstruk minat pemanfaatan secara signifikan dipengaruhi oleh konstruk ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial sebesar 0,766 atau 76,6%. Konstruk perilaku penggunaan secara signifikan dipengaruhi minat pemanfaatan dan kondisi pemfasilitasi sebesar 0,604 atau 60,4%.
Kata Kunci
UTAUT; evaluasi pembelajaran; statistik
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
![]() | ![]() |