PERANAN CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) SIDOARJO

luqman hakim, laily muzdalifah

Sari


Industri Kecil dan Menengah (IKM) memilki peranan yang sangat penting dan strategis bagi perkembangan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo, oleh karena itu sangat penting bagi IKM untuk selalu meningkatkan produktivitasnya supaya bisa menjaga keberlangsungan usahanya. Customer Relationship atau hubungan dengan pelanggan perlu dijaga, adapun upaya yang dapat dilakukan guna menjaga Customer Relationship diantaranya melaui layanan penjualan yang dapat memuaskan pelanggan, mengembangkan jaringan pelanggan melalui media sosial dan memberikan jaminan produk dengan memberikan garansi atas produk yang dihasilkan. Maka dari itu dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan Customer Relationship terhadap peningkatan produktivitas Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan software Smart PLS untuk mengolah data dalam menguji hipotesa dan kemudian hasilnya dianalisa. Dari hasil analisa di dapatkan bahwa Customer Relationship tidak berpengaruh secara langsung terhadap produktivitas Industri Kecil Menengah (IKM) akan tetapi Customer Relationship mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Tata Kelola IKM yang mana pada akhirnya Tata Kelola ini mampu memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Sidoarjo.

Kata Kunci


Produktivitas, Tata Kelola, Customer Relationship, IKM

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.