TRATEGI PEMBELAJARAN EVERY ONE IS TEACHER HERE (ETH) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI I BABAT

Dinar Mahdalena Leksana, Salman Zahidi

Sari


Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana kegiatan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Babat menggunaka strategi oembelajaan Every One Is Teacher Here (ETH). Yaitu suatu teknik intruksional dari belajar aktif (active learning), dimana setiap siswa diberi kesempatan untuk belajar dan bertindak sebagai guru bagi siswa lain. Utuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini disini peneliti menggunakan Pendekatan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi, interviw dan dokumenter. Dari hasilpenelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru PAI dalam penerapan strategi pembelajaran Every One is Teacher here (ETH) adalah guru membuat perencanaaan pembelajaran dengan silabus, RPP, dengan menggunakan materi yang disampaikaan sesuai dengan ketentuan dari dinas, selanjutya guru menerapkan strategi (ETH) yang mana siswa bertindak sebagai guru bagi temannya sendiri. Guru mempersiapkan secarik kertas untuk dibagikan kepada siswa kemudian setiap siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan yang kemudian dibagikan secara acak kepada siswa untuk dijawab

Kata Kunci


Strategi Pembelajaran, ETH, Aktivitas Belajar, PAI

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an danTerjemahannya. Al-Qur’an for Ms-Word, vl. 3

Chabib Toha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani, 2011

Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT.Roda Karya,2000

Muh Fadlil Al Jamali, dikutip oleh Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam Sebuah Telaah Komponen Kurikulum, Solo: CV. Romadhoni, 2001

Nana Sudjana, CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo, Cet 6. 2001

Saiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2003

Rineka Cipta, 2001

Subandjidah, Perkembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada,Cet.I, 2002

Sudirman, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Remaja Karya, 1987

Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Sumantri, Mulyani, dan Johar, Strategi Belajar Mengajar,Bandung: C.V Maulana, 2001

Syaiful Bahri Jamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997

Tim Penyusun Kamu Pusat Pembina dan Pengembangan Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, Edisi II, Jakarta: BalaiPustaka, 1994

Undang-undang RI nomor 2 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2009

ZakariyahDarajat, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandunga: Remaja Rosda Karya, 2003


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.