STRATEGI GURU DALAM PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN

Rokim - -, Siti Suaibatul Aslamiah

Sari


Dalam proses pembelajaran, guru hendaknya mengetahui keadaan siswanya, terutama pada problematika atau permasalahan yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran berlangsung dan Guru dituntut juga untuk bisa menyelesaikan problematika atau permasalahan yang dihadapi siswa. Problematika pembelajaran dapar berasal dari faktor interen dan faktor eksteren. Faktor interen diantaranya Sikap Terhadap Belajar, Motivasi belajar, Konsentrasi belajar, Kemampuan mengolah bahan belajar, Kemampuan menyimpan perolehan hasil belajar, Menggali hasil belajar yang tersimpan, Kemampuan berprestasi, Rasa percaya diri siswa, Intelegensi dan keberhasilan belajar, Kebiasaan belajar, dan Cita-cita siswa. Sedangkan faktor eksteren diantaranya berkaitan dengan Guru sebagai pembina siswa dalam belajar, Sarana dan prasarana pembelajaran, Kebijakan penilaian, Lingkungan sosial siswa di sekolah, dan Kurikulum sekolah. Problematika yang dihadapi oleh seorang guru dalam pembelajaran antara lain kesulitan dalam menghadapi perbedaan karakteristik peserta didik, perbedaan individu yang meliputi intelegensi, watak dan latar belakang, kesulitan menentukan materi yang cocok dengan kejiwaan dan jenjang pendidikan peserta didik, kesulitan dalam menyesuaikan materi pelajaran dengan berbagai metode supaya peserta didik tidak segera bosan, kesulitan dalam memperoleh sumber dan alat pembelajaran, kesulitan dalam mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu. Sedangkan Langkah-langkah dalam menyelesaikan problematika pembelajaran yaitu: mengamati perilaku belajar, menganalisis hasil belajar, mengetes hasil belajar, mengidentifikasi masalah, merumuskan dan membatasi masalah, menyusun pertanyaan-pertanyaan, mengumpulkan data, dan merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan serta kesimpulan. Keberhasilan dalam penyelesaian masalah tersebut tentunya tidak terlepas dari sikap mental guru, kemampu

Kata Kunci


Strategi Guru, Penyelesaian, Problematika Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


1.1 Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.

Dewi Puspita Sari, Strategi Pembelajarn Terpadu, Teori, Konsep dan Implementasi, Yogyakarta, Familia, 2012

Dimyati, Mujiono, Belajar & Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta, 2010, 235.

Fatkhurrahman, Strategi Belajar-Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung, Refika Aditama, 2010.

Gagne, Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran, Surabaya, Usaha Nasional, 2008

Hamdani, Strategi Belajar-mengajar, Bandung, CV Pustaka Setia, 2011

Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta, Insan Madani, 2012

Martinis Yamin, Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas, Jakarta, Gaung Persada Press, 2012

Novan Ardy Wiyani, Etika Profesi Keguruan Yogjakarta, Gava Media, 2015

Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2014.

Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta, Bumi Aksara, 2014

Omar Hamalik, Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2010.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006

Pius A.P. & MRD Dahlan, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya, Arkola, 1994

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005.

Syaiful Bahri, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Rineka Cipta, 2010

Syaiful Bahri Djamanah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Educatif, Jakarta, Rineka Cipta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung, Alfabeta, 2010

Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2005

Wina Sanjaya, perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2012.

Zuhairini, Metodologi Pendidikan Agama, Jakarta, Ramadhani, 2003


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.