PENGGUNAAN GESTURE DEIKTIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNADAKSA

Rivatul Ridho Elvierayani, Ikke - Susanti

Sari


Peranan guru Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) sangat berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan gesture deiktik guru SDLB di Kabupaten Lamongan dalam menjelaskan konsep operasi penjumlahan pada bilangan bulat. Penelitian ini difokuskan pada gerakan lengan dan tangan guru pada saat proses belajar mengajar di kelas Tunadaksa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-eksploratif. Pengumpulan data penelitian dikukan dengan merekam secara audiovisual segala aktifitas guru saat proses belajar mengajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan 90% guru menggunakan gesture deiktik dalam menjelaskan konsep operasi penjumlahan pada bilangan bulat. Gesture tersebut dilakukan guru untuk siswanya. Penggunaan gesture deiktik dalam pembelajan di kelas tunadaksa memberikan pengaruh yang besar bagi siswa diantaranya (1) untuk lebih fokus dan memusatkan perhatian siswa (2) sebagai alat bantu untuk mengurangi beban berpikir siswa saat menyelesaikan masalah.

Kata Kunci


Gesture, Gesture Deiktik, Tuna Daksa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alibali, M.W. & Nathan, M.J. 2011. Embodiment in Mathematics Teaching and Learning: Evidence from Learner’s and Teahcer’s Gestures. The Journal of The Learning Sciences. Hal: 247-286

Becvar, A., Hollan, J., & Hutchins, E. 2008. Representational Gestures as Cognitive Artifacts for Developing Theories in a Scientific Laboratory. Ackerman, M.S., (eds) Resources, Co-Evolution and Artifacts: Theory in CSCW. Hal: 117-143.

Castellon, V.C. 2006. Teacher’s Speech and Gesture as a Communicative and Strategic Tools to Convey and Discuss Mathematical Concept in a Bilingual Algebra Classroom. San Francisco: AERA.

Hostetter, A.B. & Alibali, M.W. 2008. Visible Embodiment: Gestures as Simulated Action. Psychonomic Bulletin & Review. 15 (3): 495-514

McNeill, D. 1992. Hand and Mind: What Gesture Reveal about Thought. Chicago: Chicago University Press.

Sutjihati, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.