PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PERBAGIAN (PART) DAN KESELURUHAN (WHOLE) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA

Sherif Junior Aryanto

Sari


Perkembangan sepakbola masa kini telah berusaha meningkatkan mutu, prestasi, dan pamor serta kejayaan suatu bangsa serta dapat dilihat dari hasil prestasi yang optimal. Dalam meningkatkan sebuah prestasi pemain, banyak faktor yang harus diperhatikan seperti sarana dan prasarana, pelatih yang berkualitas, dan program latihan yang tepat dan berkesinambungan. Faktor yang terpenting dalam pencapaian prestasi sepakbola adalah penguasaan keterampilan teknik dasar dan pemberian program latihan yang sesuai dengan karakteristik pemain. Hal ini terutama pada program pembinaan pemain usia dini, dimana peningkatan kualitas keterampilan teknik dasar sepakbola seperti passing mendatar diperlukan suatu model pembelajaran/pelatian yang efektif dan efisien, Oleh karena itu dalam penelitian kali ini akan dilakukan penerapan metode pembelajaran perbagian (part) dan metode keseluruhan (whole) yang diduga dapat meningkatkan keterampila teknik dasar passing mendatar sepakbola pada pemain usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran metode perbagian (part) terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing mendatar sepakbola, 2) Pengaruh pembelajaran metode keseluruhan (whole) terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing mendatar sepakbola, 3) Perbedaan antara metode pembelajaran perbagian (part) dengan keseluruan (whole) terhadap peningkatan kemampuan passing mendatar sepakbola. Sasaran penelitian ini adalah siswa Lamongan Soccer Academy umur 12 tahun yang berjumlah sebanyak 54 anak yang terbagi menjadi 3 kelompok (part, whole, dan kontrol) dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 18 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik komparatif dengan uji Analysis of Varians (Anova), sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes pengukuran passing mendatar dengan sistem penilaian tingkat akurasi berdasarkan perolehan skor. Kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran perbagian (part) terhadap peningkatan kemampuan passing mendatar sepakbola. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran keseluruhan (whole) terhadap peningkatan kemampuan passing mendatar sepakbola. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran perbagian (part) dan keseluruhan (whole) terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar passing mendatar sepakbola.

Kata Kunci


Part, Whole, Passing, Sepakbola, Usia Dini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apta, dkk. 2015. Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: CV. Alfabeta. Amir M, dkk. Adaptive and Part-Whole Training in the Acquisition of a Complex Perceptual-Motor Skill. Asai, T. 2002. The Curve Kick Of A Football I: Impact With The Foot. Faculty Of Education.

Yamagata University. Vol. 4. Issue 4. Beutelstahl, D. 2003. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: CV Pionir Jaya. Bompa, T.O., Haff, G.G. 2015. Periodization Theory and Methodology of Training. Toronto, Ontorio: Kendall/Hunt Publishing Company. Bob

Davis.1998. Physical Education and the study of sport (Barcelona: Mosby Company International). Budiwanto, S. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Decaprio R.2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah.Jogjakarta: Diva Press. FIFA. Tanpa Tahun. Physical Preparation and Physical Development and Training. FIFA Gifford, C. 2007. Keterampilan Sepakbola. Klaten: PT. Intan Sejati.

Gao Bo, and Jie Dong. 2014. Football Best Shooting Area and Goal Ration Correlation Research Based On Multivariate Statistical Model. USA. ISSN: 0975-7384. Vol. 06.

Ghozali Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Universitas Diponogoro. Semarang

Hensen Steven. 2005. Part And Whole Practice. Motor Control And Learning. Research Quarterly For Exercise And Sport. Vol. 76. Issu 1. Mcmaster University Hamilton Ontari. Canada.

Jonathan. Sinclair. 2014. There-Dimensional Kinematic Correlates of Ball Velocity During Maximal Instep Soccer Kicking in Males. European Journal of Sport Science. Vol. 14. Issue 8. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kindersley, Dorling. 2011. Essential Soccer Skill. Key Tips and Tecniques to Improve Your Game. London, New York, Munich, Melbone, New Delhi: DK Publishing.

Kremer, W.J., & Knuttgen, H.G. (Eds). 2003. “Strength Training Basics Designing Workouts to Meet Patients’ Goal, Exercise Physiology Series Editor”. The Physician and Sport Medicine. Vol 3, No. 8.

Lakenan, Mary. The Whole and Part Methods of Memorizing Poetry And Prose.Journal of educational Psychology. Vol.4 (4). 1913. 189-198

Luxbacher, J, A. 1998. Sepakbola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lyons, Mark. 2006. Performance of Soccer Passing Skill Under Moderate and High-Intensity Localized Muscle Fatique. Journal of Strenght And Conditioning Research.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Maksum, Ali. 2008. Psikologi Olahraga. Surabaya: Unesa Uneversity Press.

Mielke, D. 2007. Soccer Fundamentals. Bandung: Pakar Raja.

Maggil, Ricard A. 2011. Motor Learning And Control. New York. McGraw-Hill Published.

Mark Russell. Dkk. 2010. Reliability and Construct Validity of Soccer Skills Test That Measure Passing, Shooting, And Dribbel. Journal of Sport Science. Vol. 28. Issue 13. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Mario Marques, dkk. 2011. A Comparison Of Ball Velocity in Different Kicking Positions With Dominant And Non-Dominant Leg In Junior Soccer Players. E-ISSN 2066-2483, JPES. Journal Of Physical Education and Sport Vol.11.

Mike, Hughes. & Ian Franks. 2005. Analysis of Passing Sequences, Shots and Goals in Soccer. Journal of Sport Science. Vol. 23. Issue 15. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Marrienboer & Kaster Liesbeth. 2014. Whole-Task Models In Education. University of the Netherlands.

Nur. Muh. 2016. Effect Of Exercise Passing Using Targets To

Passing Skill Of Student In Football Extracurricular. Vol. 5. No. 11. Universitas Negeri Yogyakarta.

Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2015 Pedoman Penulisan tesis dan disertasi. Surabaya.

Pechstein. Whole vs Part Methods in Motor Learning. The Psychological Monographs. Vol 23(2), 1917, i-80.

Purwanto Mukid. Perbandingan Metode Latihan Perbagian (part) dengan Keseluruhan (Whole) Terhadap Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing bawah dan Atas Bolavoli. Universitas Negeri Surabaya.

Rahyudi Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi. Belajar Motorik. Penerbit Nusa Media. Ujung Bandung. Jawa Barat.

Roesdiyanto, dkk,2008. Dasar – Dasar Kepaltihan Olahraga. Malang.

Rosdiani. Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung. CV. Alfabeta

Rainers Martens. 2004 Successful Coaching (Hong Kong: Human Kinetic).

Sucipto, dkk. 2000. Sepakbola. Tidak Diterbitkan. Surabaya: DEPDIKBUD.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Alfabeta. Bandung.

Sukadiyanto. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Cv. Lubuk Agung.

Sarah. Kurtz, and Timothy D. 2003. Part and Whole Perceptual-Motor Practice of a Polyrhythm. Science Direct. Vol. 338.

Viar, Luis, dkk. 2012. Spatial-Temporal Constraints on Decision-Making During Shooting Performance in the Team Sport of Futsal. Jounal of sport science. Vol.13. Published online: 18 Dec 2012.

Weitl, Dave. 2010. Whole Vs Part Training. Club Director. Washington: volleyball Academy.

Weld, Elvrea. 1990. Effects OfPart Versus Whole Intructional Strategies On Skill Acquisition And Excess Behavior. American Journal on Mental Retardation. Vol. 94


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.