PENGARUH MEDIA DAKON MATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB PADA SISWA KELAS IV DI SD/MI LAMONGAN

Ummu - Khairiyah, Musa'adatul - Fithriyah

Sari


Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak, salah satu materinya bersifat abstrak di SD/MI yaitu materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB). Oleh karena itu perlu media pembelajaran yang tepat agar materi KPK dan FPB dapat bermakna bagi siswa. Dakota merupakan salah satu alat peraga matematika untuk materi KPK dan FPB yang menggabungkan antara permainan tradisional dakon dan pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Dakota terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Penelitian ini dilaksanakan di SD Tenggerejo 2 Kedungpring Lamongan tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (Quasi Exsperimental) rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan teknik analisis data menggunakan Uji t-test independen dengan ketentuan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar matematika kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 85,08 dibandingkan kelompok kontrol tanpa menggunakan media Dakota yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,72 selisih 8,3. Selain itu, berdasarkan hasil analisis uji Uji t-test independen menggunakan aplikasi Microsoft Exel 2013 dengan ketentuan signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa hasil t stat (4,484) > t table (2,010). Kesimpulanya maka Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil Pengaruh media Media Dakon Matika Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi KPK Dan FPB Pada Siswa Kelas 4 Di SD Tenggerejo 2 Kedungpring Lamongan sebagai kelompok Eksperimen daripada hasil belajar siswa SD Islam Kedungpring Lamongan sebagai kelompok kontrol.

Kata Kunci


Media Dakota, KPK dan FPB, Hasil Belajar, Matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buys, K., & Moor, E.D. 2005. “Domain Description Measuremen”. In M. V. Heuvel Panhuizen, & K. Buys (Eds.), Young Children Learn Measurement and Geometry: a Learning-Teaching Trajectory with Intermediate Attainment Target for The Lower Grades in Primary School(pp. 15-36). Utrecht: Freudenthal Institute

Castle, K., & Needham, J. 2007. “First Graders Understanding of Measurement”. Early Childhood Education Journal, 35, 315-221

Degeng , Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud DirJen Perguruan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Husna A. M.(2009). Permainan Tradisional Indonesia : Untik Kreativitas,Ketangkasan, dan Keakraban.Yogyakarta : Andi Offset.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Rajawali Press, 2014. Cetakan ketiga.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Mustaqim, B dan Astuty, A. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departeman Pendidikan Nasional

Mustikasari, Ardiani. 2008. Edu-Artikel: Mengenal Media Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://edu-articles.com/mengenal-media-pembelajaran/ diakses pada hari Sabtu 11/04/2017

Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sadiman, A. S,dkk. (2012). Media Pendidikan. Depok (Jakarta): PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabeta.

Sujarno, dkk. 2011. Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak.Yogyakarta : Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Suprihadi, Saputro. 2006. Strategi Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasa. Jakarta: Kencana, 2013. Edisi Pertama

Van de Wall, J. & Folk, S. 2005. Elementary and Middle School Mathematics. Teaching Developmentally. Toronto: Pearson Education Canada Inc

Yuniarto, Y. 2009. Matematika untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.

Zuriah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.