IMPLEMENTASI TES BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KALOR DENGAN FORMAT DUA TINGKAT

Khoiro - Mahbuba, Dadi - Rusdiana, Enjang A. Juanda

Sari


Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Hal ini menuntut siswa dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Oleh karena itu, dibutuhkan instrumen tes yang dapat mengases keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes keterampilan berpikir kritis siswa SMA dengan format format dua tingkatterkait materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dilaksanakan siswa kelas 11 SMA yang telah belajar materi suhu dan kalor. Jumlah responden penelitian sebanyak 30 siswa kelas 11 di salah satu SMA di kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis framework Halpern yang diadaptasi oleh Tiruneh dengan format two tier test. Hasil diperoleh bahwa instrumen tes keterampilan berpikir kritis terkait materi suhu dan kalor dengan format two tier test dapat mengasesketerampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, hasil pengembangan tes keterampilan berpikir kritis dengan format two tier test ini berpotensi untuk dijadikan salah satu instrumen tes mengases dan melatihkan keterampilan berpikir siswa.

Kata Kunci


Keterampilan Berpikir Kritis; Two Tier Test; Suhu dan Kalor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, W., Suhandi, A., Kaniawati, I., & Setiawan,

A. (2017). Development Scaffolding for

Construction of Evaluation Instrument

Training Program on The Cognitive Domain

for senior High School Physics Teacher and

the same level. Journal of Physics:

Conference Series 812 .

Gurel, D. K. (2015). A Review and Comparison of

Diagnostic Instruments to Identify Students’

Misconceptions in Science. Eurasia Journal

of Mathematics, Science & Technology

Education 11 (5) , 989-1008.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran

Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

SMA/MA Mata Pelajaran Fisika. Jakarta:

Kemendikbud.

Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). Construction

of Critical Thinking Skills Test Instrument

Related The Concept On Sound Wave.

Journal of Physics: Conference Series 812 .

Ritdamaya, D., & Suhandi, A. (n.d.). Konstruksi

Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis

Terkait Materi Materi Suhu dan Kalor .

Jurnal Penelitian dan Pengembangan

Pendidikan Fisika .

Saade, R. G., & Thomas, J. D. (2012). Critical

Thinking in E-Learninng Environment.

Computer in Human Behavior

Samsudin, A., Suhandi, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Preliminary Design of ICI- based Multimedia for Re-conceptualizing Electric Conceptions at Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Physics: Conference Series 739 .

Tiruneh, D., Cock, M., Weldeslassie, A., Elen, J., & Janssen, R. (2017). Measuring Critical Thiniking in Physics: Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education (15) , 663-682.

Venburgh, Francois, S., & Janssen, R. (2013). The Assessment of Critical Thinking Critically Assessed in Higher Education: A Validation Study of CCTT and the HTCA. Education Research International .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.