IMPLEMENTASI METODE SPOT CAPTURING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

Kiki - Septaria

Sari


Metode spot capturing merupakan sebuah metode yang membebaskan pemikiran dan ruang gerak setiap orang pada saat belajar agar mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Metode spot capturing ini dapat membangun kecerdasan siswa, kreativitas, mengasah bakat yag dimiliki hingga menumbuhkan karakter yang melekat pada seseorang. Tujuan penulisan paper ini adalah memaparkan konsep dari metode spot capturing dan implementasianya pada pembelajaran IPA di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penulisan pada penelitian ini merupakan kajian literatur dengan menyeleksi, mengkaji, menganalisis, dan menyimpulkan beberapa literatur dan jurnal mengenai metode spot capturing, struktur kurikulum pembelajaran IPA, dan implementasianya pada pembelajarn IPA. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum dan pembelajaran IPA pada jenjang SMP dapat di integrasikan dengan menggunakan metode spot capturing berupa visualisasi, model, game kreatif, tugas kreatif dan tes kreatif-logic. Dengan demikian implementasian pembelajaran IPA di jenjang SMP menggunakan metode spot capturing dapat dilakukan dalam rangka menyiapkan siswa yang berkompeten untuk menghadapi tantangan abad 21.

Kata Kunci


Metode Spot Capturing, Pembelajaran IPA, Tantangan Abad 21

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nia Kania. 2017. Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. Jurnal Theorems.

Freddy Widya Ariesta. 2018. The Effect of Problem-Based Spot capturing Models on Creative and Care Character of Students in Elementary School. Universsitas Bina Nusantara.

Septaria, Kiki. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Spot capturing Untuk Menguatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Global Warming Pada Kelas VII Di SMP Negeri 1 Babat. Skipsi. Universitas Negeri Surabaya.

Bajongga Silaban. 2014. Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. Jurnal penelitian bidang pendidikan. Universitas Negeri Medan.

Siam Windira, Rasita. 2016. Hubungan persepsi visual gambar patologi bahaya merokok pada gambar bungkus rokok dengan prilaku merokok pada remaja di SMKN 2 jember. Skripsi. Universitas Jember.

Astuti, Rina, widha sunarno dan suciati sudarisman. 2012. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal pasca. Universitas

Nurjannah, Siti. 2018. Kajian Pembelajaran IPA dengan Model Pengintegrasian. Prosiding seminar nasional pendidikan fisika. Universitas Jember

Afifah, Siti. 2016. Implementasi Model Belajar Spot capturing dalam Meningkatkan Sikap Ekspresif Siswa Kelas II Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Pembelajaran PAI Di Sd 4 Adiwarno Hadiwarno Mejobo Kudus. Undergraduate Thesis, Stain Kudus.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Jakarta.

Fogarty. 1991. How To Integrate the Curricula. Skylight Publishing: USA.

Wagner, T. 2010. Overcoming the Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.