APLIKASI HIGH ORDER LISTENING BERDASARKAN KONSEP FUNGSI AUDITORI DALAM AL QURAN

Viktor Imaduddin Ahmad, Ahmad Hanif Fakhruddin

Sari


Tujuan dari kajian ini adalah untuk merumuskan bagaimana konsep fungsi auditori dalam Al Quran, dan bagaimana aplikasi high order listening berdasarkan konsep fungsi auditori dalam al Quran. Dengan menggunakan metode tafsir maudhu’iy, dan analisis konstruktif, didapatkan temuan bahwa Fungsi auditori dalam Al Quran ada tiga, tingkat kemampuan auditori rendah yang berisi kondisi pendengaran yang terdistorsi, tingkat auditori sedang yang efektif dalam melakukan penangkapan pesan secara baik dan tingkat kemampuan auditori tinggi yakni mendengar yang diiringi kemampuan analisa memilah pesan yang baik secara konstruktif, memilah secara kritis berita yang tidak valid atau yang diragukan kebenarannya, dan menyimpulkan kebutuhan pendengar dan memenuhi kebutuhan tersebut. Aplikasi konsep high order listening ini dapat diterapkan pada tiga tempat dalam dunia pembelajaran. Pertama dalam pembuatan capaian pembelajaran, yakni dengan memasukkan kemampuan mendengar dengan memilah dan memilih secara kritis, kedua aplikasi metode pembelajaran yang menggunakan media audio dengan metode inkuiri, dan ketiga pada evaluasi pembelajaran dengan memasukkan indikator evaluasi kemampuan mendengar konstruktif dan kemampuan mendengar kritis, pemenuhan kebutuhan secara praktis.

Kata Kunci


High Order Listening, Fungsi Auditori dalam Al Quran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Imaduddin., Victor., 2018. Jurnal Akademika: Konsep Auditori Dalam Al Quran Dan Aplikasinya Di Dunia Pendidikan, Vol. 12, Nomor. 1

Al Mubarakfuri, Shafiyur, Rahman., (1998) Sirah Nabawiyah. Jakarta: Robbani Press

Al Jauziyah., Ibnu Qayyim., (1981) Tuhfah al Maudud bi Ahkam al Maulud, Tahqiq: Abdul Qadir Al Arnauth. Damaskus: Maktabah al Bayan

Anderson, Lorin.W., (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A. Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman

Antonio, Syafi’i. 2009. Asma’ul Husna For Succes in Business and Life. Jakarta: Tazkia

LP3-UNM. 2001. Tujuan Pembelajaran: Taxonomi. Malang: LP3UNM

Najati, Muhammad., Utsman., (1987) Al Quran wa ‘Ilm an Nafs, Beirut: Dar Al Syuruq.

Najati, Muhammad., Utsman (2008). The Ultimate Psychology. Bandung: Pustaka Hidayah,

Shihab, Quraish., (1999) Menyingkap Tabir Ilahi: Asma’ Al Husna dalam Perspektif Al Quran. Jakarta: Lentera Hati

Subhani, Ja’far., 2005. Ensiklopedia Asmaul Husna. Jakarta: Penerbit Misbah

Suciati. 2005. Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI-UT


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.