PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK YATIM PIATU DAN FAKIR MISKIN DI LKSA AL MU’AWANAH LAMONGAN

Hepi Ikmal

Sari


Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kabupaten Lamongan (Studi Kasus di LKSA Al Mu’awanah Lamongan) ini berusaha menggali model pengembangan pendidikan agama Islam anak yatim piatu dan fakir miskin di LKSA Al Mu’awanah Lamongan. Penelitain ini merupakan jenis pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentesi. Adapun hasil penelitan adalah Pendidikan anak pengembangan pendidikan agama Islam anak yatim piatu dan fakir miskin di LKSA Al Mu’awanah Lamongan ada dua model. Pertama, model madrasiyah dan Kedua, model ta’limiyah. Pendidikan dengan model madrasiyah yang ada pada LKSA ini adalah pengajaran pendidikan agama secara klasikal yakni pengajaran secara berkelas. Model madrasiyah anak asuh/santri harus menempuh kurikulum sebagaimana pendidikan pesantren. Untuk Awaliyah mata pelajaran yang ditempuh adalah Akhlaq, Aqidah, Qur’an, Fikih, Bahasa Arab dan Tarikh. Adapun untuk Wustho mata pelajaran yang ditempuh adalah Fiqih, Tafsir, Hadist, Tasawuf, Nahwu dan Shorof.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.