PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP TASWIRUL AFKAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Nur Qomariyah Nawafilah

Sari


Hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII SMP Taswirul Afkar Simbatan-Sarirejo-Lamongan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan konsep masih rendah. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga belum terlibat secara aktif, mereka cenderung pasif. Masalah tersebut jika dibiarkan maka materi pelajaran tidak tersampaikan dengan baik, sehingga hasil belajar tidak tuntas. Upaya yang dilakukan yakni mencari model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif, dapat memahami konsep dengan baik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran yang dimaksud yakni model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Think Pair Share sehingga dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Taswirul Afkar yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yakni dari skor 72 (aktif) menjadi 91 (sangat aktif). Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I hanya 52,17% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II menjadi 81,32% siswa tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil dan aaktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Taswirul Afkar pada materi bangun ruang sisi datar.


Kata Kunci


Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Tipe Think Pair Share

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.