STRATEGI PEMBELAJARAN PADA SISWA DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY

Ida Fitri Shobihah

Sari


Pembelajaran dilakukan guna meningkatkan kemampuan siswa baik dalam akademik maupun non akademik. Berbagai upaya dilakukan sekolah guna mencapai tujuan dari pembelajaran. Mulai dari membangun sistem, melengkapi fasilitas dan meningkatkan kualitas guru. Akan tetapi, beragamnya kemampuan yang dimiliki siswa merupakan hal penting dalam mempengaruhi keberhasilan dari proses pembelajaran. Hambatan-hambatan yang muncul dalam pembelajaran salah satunya adalah kemampuan siswa secara kognitif atau intelektual. Siswa yang tidak mudah mengikuti pembelajaran sebagaimana siswa lainnya kecenderungan menunjukkan adanya intellectual disability. Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai sehingga hambatan dapat diatasi. Diantaranya strategi yang dapat dilakukan yaitu pembelajaran menggunakan alat bantu, pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pelaku, dan pembelajaran dengan menekankan pengalaman flow

 

Kata kunci: strategi pembelajaran, siswa, intellectual disability

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chaplin, J.P. 1968. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. 2015. Kesulitan Belajar pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan. Elementary, vol.3, no.2.

Kurniawati, A. & Marini, G. 2015. Factors Assosiated with Learning Disability in School Age Childern. The Sun, vol.2(2).

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. 2005. Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Ratty, L. M. O., Kontu, E. K., & Pirttimaa, R. A. 2016. Teaching Childern with Intellectual Disabilities: Analysis of Research-Based Recommendations. Journal of Education and Learning, vol.5, no.2.

Retnaningsih, I. & Hidayat, R. 2012. Representasi Sosial tentang Disabilitas Intelektual pada Kelompok Teman Sebaya. Jurnal Psikologi, vol.39, no.1, 13-24.

Rivaie, W. 2011. Faktor Intelektual yang Menentukan Kepribadian. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol. 2, No. 1.

Shogren, K. A., Anthony J. P., susan B. P., Michael L. W., & Youngshil P. 2014. Impact of the Self-Determined Learning Model of Intstruction (SDLMI) on Teacher Perceptions of student Capacity and Opportunity fir Self-Determination. Education and Training in Autism and Developmental disabilites, 2014, 49 (3), 440-448.

Soltani, A., Samsilah R., Maria C. A., & Chan C. J. 2011. Facilitating Flow Experience in People with Intellectual Disability Using a Music Intervention Program. International Journal of Psychological Studies, Vol. 3., No.2; Desember 2011. www.ccsenet.org/ijps

Sternberg, R. J. 2008. Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yakubova, G. & Teresa T. D. 2013. Brief Report: Learning Via the Electronic Interactive Whiteboard for Two Students with Autism and a Students with Moderate Intellectual Disability. Journal Autism Dev Disord,43: 1465-1472, DOI 10.1007/s10803-1682-x.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.