PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI AKAD SYARIAH (MONASY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH

Athi Hidayati, Mafudhiyanto Mafudhiyanto, M Nurul Qomar

Sari


Pada pertumbuhan industri perbankan syari’ah dewasa ini masih dinilai bergerak lambat. Hal ini diduga karena produk yang ditawarkan perbankan syari’ah menggunakan bahasa arab. Istilah perbankan syari’ah berbahasa arab dianggap sebagai faktor kendala bagi masyarakat untuk mengenali produk perbankan Syariah. Bagi mahasiswa, akad-akad syariah pada mata kuliah fiqh muamalah belum dipahami sampai penerapan akad dii perbankan syariah. hal demikian menjadi evaluasi dalam proses pembelajaran mata kuliah fiqh muamalah dii prodi ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan merancang pengembangan monopoli akad syariah sebagai media pembelajaran mata kuliah muamalah untuk meningkatkan literasi keuangan syariah bagi mahasiswa.  Penelitian ini menggunakan model research dan development. Proses pengembangan media pembelajaran diawali dengan tahap analisis dengan melakukan observasi dan analisis masalah mahasiswa. Selanjutnya peneliti melalukan pengembangan media permainan monopoli dengan mengkonversi fungsi-fungsi monopoli umum menjadi fungsi-fungsi berbasis syariah sesuai kebutuhan pembelajaran mata kuliah fiqh muamalah.   


Kata Kunci


Pengembangan, Monopoli, Akad Syariah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia Euis dan M. Nur Rianto al-Arif. (2013). Kesesuaian Pembelajaran Ekonomi Islam di Perguruan Tinggi dengan Kebutuhan SDM Pada Industri Keuangan Syariah di Indonesia, INFERENSI, Vol 7, No.1, hlm 127.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo, Jakarta.

Beik, Irfan Syauqi dan laily Dwi Arsyianti. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah, Rajawali Press, Jakarta.

Cahyo, Agus N.2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak, Flash Book, Yogyakarta.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran, PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Husna. 2009. 100+ Permainan Tradisional Indonesia Untuk Kreativitas, Ketangkasan dan Kearaban, Andi, Yogyakarta.

Nasrun Haroen. 2000. Fiqh Muamalah, Gaya Media Pratama, Jakarta.

Pratiwi, Citra. 2016. Analisis Pemahaman Nasabah Bank Syari’ah Terhadap Sistem Perbankan Islam (Studi Kasus Mahasiswa Si Ekonomi Islam Universitas Brawijaya), Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Rahmawati, Lilik. (2008). Analisis Terhadap Blue Print Bank Indonesia untuk Pengembangan Perbankan Syari’ah, Antologi Kajian Islam, seri 13, hlm 277.

SartikaNingrum, Ria .(2013). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri Tempel, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suciati, dkk. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, Mimbar Sekolah Dasar, vol. 2, no 2, hlm. 1.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suhendi, Hendi. 2007. Fiqh Mu’amalah, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Susanto, Arif, dkk. (2012). Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel Pada Siswa Kelas Xi IPA, Bioedu, Vol. 1, No. 1, hlm. 1.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresi: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.